Pemkab Purbalingga Akan Selenggarakan Pasar Murah di 10 Titik

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan menyelanggarakan Pasar Murah di 10 desa yang tersebar di 10 kecamatan di Purbalingga. Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purbalingga, Drs Agus Winarno MSi menyampaikan, Pasar Murah ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Beberapa titik Pasar Murah akan kita prioritaskan untuk desa dengan tingkat kemiskinannya tinggi dan desa tersebut belum mendapatkan kesempatan Pasar Murah sebelumnya,” ungkapnya, Senin (2/3).

Adapun jadwal kegiatan Pasar Murah di 10 desa di tahun 2020 ini sebagai berikut : Desa Kembangan (Bukateja) Rabu 11 Maret, Jingkang (Karangjambu) Rabu 18 Maret, Sirau (Karangmoncol) Rabu 1 April, Sumampir (Rembang) Rabu 8 April, Krangean (Kertanegara) Rabu 15 April, dan Desa Langgar (Kejobong) Rabu 22 April. Sementara itu 4 titik sisanya akan diselenggarakan pada bulan Ramadhan, diantaranya di Desa Candinata (Kutasari) Rabu 29 April, Karangduren (Bobotsari) Rabu 6 Mei, Pengadegan (Pengadegan) Rabu 13 Mei, dan Desa Bakulan (Kemangkon) pada Rabu 20 Mei.

“Memasuki bulan Ramadhan tentu biasanya harga-harga kebutuhan pokok melonjak, maka Pemerintah Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan pasar murah yang diharapkan akan dapat bermanfaat membantu masyarakat meringankan bebannya dari terjadinya lonjakan harga tersebut,” katanya.

Paket Sembako dan jenis kegiatan yang disediakan dalam pasar murah terdiri dari Paket Gratis dengan Kupon yang khusus diberikan kepada keluarga (KK) miskin. Total jumlah KK miskin di 10 titik tersebut yakni ada 6118 keluarga. Selain paket gratis tersebut, seperti biasa juga disediakan paket bersubsidi dengan kupon yang juga ditujukan untuk keluarga miskin. Sementara kalangan umum setempat juga dapat menikmati paket sembako bersubsidi non-kupon.

“Di dalam pasar murah, juga akan kami sediakan jasa gratis, seperti potong rambut dan servis motor. Selain itu juga akan ada pemeriksaa kesehatan gratis,” ungkapnya.(Gn/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *